Friday, December 5, 2008

Membuat Adaptor TV Combo dari PSU Komputer

Sekilas Tentang TV Combo

TV Combo adalah perangkat yang disambungkan langsung ke monitor komputer agar kita bisa memanfaatkan monitor untuk menampilkan siaran televisi. Ada dua jenis TV combo:
  • TV Combo untuk monitor CRT (tabung). Harganya lebih murah, tapi tidak cocok kalau disambungkan dengan monitor jenis LCD karena resolusi yang dihasilkan hanya kecil dan refresh ratenya yang rendah, sehingga pada beberapa monitor LCD tidak dapat menampilkan gambar.
  • TV Combo untuk monitor LCD (Flat). Harganya hampir 2x TV Combo CRT, Kelebihannya TV Combo ini juga dapat dipakai pada monitor CRT, mempunyai banyak pilihan resolusi dan refresh rate yang bisa disesuaikan dengan kemampuan monitor yang dipakai, dan output suaranya sudah support stereo.
Akhir2 ini gk tahu kenapa kualitas TV Combo untuk monitor CRT jauh menurun dibanding dengan yang keluaran lama. TV-TV comboku yang lama bisa menampilkan gambar yang bagus meski hanya berbekal antena indoor, sedangkan TV Combo keluaran yang baru kok sinyal dan gambarnya jelek.

Tapi kali ini saya mau membahas apa yang bisa dilakukan kalau Ternyata TV combo anda adaptornya mati/kebakar/rusak. Karena aku sudah muter2 mencari toko yang cuma jual adaptornya thok, lha kok gk ada, mesti beli sepaket sama TV Combonya, katanya. Walah dalah, sama juga bohong kan.

Suatu hari aku dapat masukan untuk buat sendiri dari PSU (Power Supply Unit) komputer. Pas nganggur daripada nonton sinetron aku coba2 dan berhasil. ini dia caranya:
  • Belilah PSU ATX bekas, sangat mudah dicari ditoko2 komputer bekas, harganya berkisar 25-45ribu rupiah. Gk usah yang bagus2 (PSU buat pentium 4), karena yang paling jelekpun (PSU pentium 1) juga bisa, yang harganya pasti lebih murah, sekitar 25-30rb
  • Potong kabel pada adaptor yang rusak untuk diambil kabel dan konektor/colokannya.
  • Tandai kabel positif dan negatifnya, caranya test dengan multimeter, kabel yang terhubung dengan bagian tengah colokan adalah positif dan yang bagian luar adalah negatif.
  • Siapkan PSU, short pada bagian yang ada digambar (kabel yang berwarna hijau dan kabel yang berwarna hitam yang ada pada baris seberangnya). Ini adalah cara mengaktifkan PSU tipe ATX, jadi dengan begitu PSU akan selalu dalam kondisi "on", untuk mematikan bisa dengan cara cabut dari stop kontak atau anda kasih saklar kabel power ke listriknya.
  • Lihat tabel pada PSU, kita mencari kabel output yang mempunyai voltase 6V pada power ke harddsisk/cdrom, sebagaimana voltase yang dibutuhkan TV Combo. Kebanyakan, hampir pasti adalah kabel yang berwarna Merah seperti pada gambar bawah
  • Hubungkan Positif kabel konektor TV combo ke bagian kabel PSU berwarna Merah (postiv 6V) dan negatif kabel konektor TV Combo ke bagian PSU berwarna hitam (negatif)
  • Perkuat sambungan2 dengan selotip, atur biar rapi. Tancapkan Adaptor rekayasa ini ke TV combo dan ke listrik, sambungin kabel2 lain TV Combo yang dibutuhkan (kabel antena dan audio) dan coba nyalakan e...i...ee... gud lak.


Kelebihan:
  • Mudah dicari bahan2nya (konektor dan kabel bisa didapat dari adaptor lama yang rusak, dan PSU banyak dijual di toko komputer seken)
  • Gk usah susah2 solder, cukum main selotip dan gunting :)
  • Harga murah, cuma modal 25-30rb
  • Tingkat keberhasilan tinggi, simple gitu lhoo

Kekurangan:
  • Ribet, kalau ada yang jual adaptornya aja dan harganya murah ya mending beli, tapi gk ada tuh
  • Berlebihan, Output PSU Komputer kan untuk meng-handle output ratusan watt, lha ini cuma kepake beberapa watt

7 comments:

  1. Ada... harga 45 ribu smps 5v 2 amp di gelora elektronik.Kualitas lebih bagus dari yg bawaan tuner.ngirit setrum tak perlu buang daya 350w seperti bila pakai psa cpu yg gede dan tidak ringkas.kabel rapi.JANG PENTING BISA DIBAWA KEMANA-MANA KRN KECIL BENTUKNYA.DAYA HANYA 15W MAKSIMAL.

    ReplyDelete
  2. kenapa nggak langsung ambil daya dari PSU internal PC aja kalo gitu?

    ReplyDelete
  3. Hi there, awesome site. I thought the topics you posted on were very interesting. I tried to add your RSS to my feed reader and it a few. take a look at it, hopefully I can add you and follow.

    5v SMPS

    ReplyDelete
  4. Makasih buat infonya (cara menghidupkan PSU pakai jumper), BTW buat adaptor custom sebenarnya kan bisa, trafo di toko elektronik kan ada yang 6V.

    ReplyDelete
  5. hebring...coy... ni yang gue butuhin very so much..gue mumet nyari in..di toko

    ReplyDelete
  6. Wah sayang betul, power supply dipake buat tv tunner, kalau disambung dengan kabel merah +5v ampernya kegedean, > 25A, pake aja yang warna hijau saya rasa 2 a cukup

    ReplyDelete
  7. ups koreksi bukan yang warna hijau, kalau dak salah warna abu-abu + 5USB

    ReplyDelete