Friday, December 26, 2008

Mengembalikan fungsi koneksi dial-up yang mati

Di sebagian Komputer rumahan, koneksi internet dial-up masih sangat diminati meskipun speedy lagi gencar mempromosikan produknya dengan diskon yang menggiurkan. Hal ini disebabkan fleksibelnya layanan dial-up ini, dimana layanan ini memiliki perhitungan biaya berbasis penggunaan dan dapat digunakan “seperlunya”, tidak butuh abonemen khusus ataupun pembayaran tetap bulanan. Istilahnya kalo perlu baru pakai, disitu letak “asyiknya”.

Ternyata keasyikan itu bisa saja mengalami masalah kalau tiba-tiba shortcut dial-up di desktop kita tidak berfungsi sebagaimana seharusnya.
Kejadian ini sudah 2x saya temui. Salah satunya disebabkan sebelumnya komputer tersebut terserang virus, setelah virus2 dibersihkan dari komputer tersebut ternyata masalah koneksi dial-up seperti berikut terjadi.

Ciri-cirinya sebagai berikut:

  • Ketika shortcut dial-up semisal gambar (telkomsel), kita double-click seharusnya muncul windows koneksi dial-up, yang menampilkan user name, pasword dan tombol “dial” yang kalau kita klik akan memerintahkan modem menghubungkan kita ke ISP yang menyediakan layanan dial-up semisal telkom, starone, centrin dll. Masalah terjadi ketika shortcut tersebut kita double-click ternyata windows koneksi dial-up seperti gambar dibawah gk muncul-muncul.

  • Pada awalnya saya beranggapan shortcutnya yang bermasalah, jadi saya coba bikin shortcut lagi dengan mengikuti step-step berikut. Buka internet explorer, klik tool – internet option – connection – setup – next – connect to the internet, next – set up my connection manually, next – Lha di sini langkah ini terhenti karena harusnya memilih connect using a dial-up modem, tapi menu tersebut ternyata tidak aktif (tidak bisa dipilih), lihat gambar dibawah.

Berikut cara mengembalikan fungsi shortcut dial-up yang mengalami masalah seperti diatas:

Klik start-run, pada isian Open isikan: %SystemRoot%\system32\control admintools terus klik ok atau enter, double click Services. Pada jendela bagian kanan cari dan double click Remote Access Auto Connection Manager pada isian Startup tipe ubah menjadi manual. Demikian juga pada service dibawahnya, yakni Remote Access Connection Manager pada isian Startup tipe ubah menjadi manual. Reboot computer anda dan lihat hasilnya… gudlak

No comments:

Post a Comment