Thursday, October 23, 2008

Agar Mudah Pinjam Uang ke Rekan

Hari ini ada satu teman yang sangat butuh uang, dia sudah muter2 melobi ke rekan-rekannya untuk meminjam uang 100ribu perak. Tapi sudah sekian hari ternyata masih belum juga dia bisa dapat pinjaman tersebut. Miris aku melihatnya.
Kemarin aku juga butuh uang 2jt perak, muter2 ternyata emang temen dikantor gk ada yang punya uang sebesar itu di ATM mereka, akhirnya aku telp salah satu temen dan pinjem 1jt perak, minta ditransfer ke ATM dan akhirnya sorenya dah ditransfer dengan sukses. thanks Jek.

Kenapa seseorang bisa sangat susah untuk mendapatkan pinjaman uang, jangankan 100rb perak, 10rb perak aja susah.
Ini analisa saya.

  • Sebagai orang yang saling berinteraksi sosial (ceile bahasanya) jangan cuma bisa minjem, tapi sekali-kali harus bisa minjemi, karena bagi orang, jadi orang yang saling meminjami lebih mudah dari pada jadi orang yang selalu meminjami.
  • Kalau meminjam uang, pastikan kapan pinjamannya akan dibalikin, dan kalau sudah menentukan waktunya harus tepat waktu ngembalikannya, kalau terpaksa molor, usahakan molornya tidak terlalu lama dan yang paling penting kasih tahu peminjam pada hari itu atau sebelumnya, minta maaf pengembalian akan diundur sampai waktu yang baru.
  • Jangan pernah pura2 atau lupa kalau punya pinjaman kepada seseorang, jangan menunggu ditagih baru dibalikin, kalau sampai kita melakukan hal tersebut, maka cap, "resek" akan kita dapati, dan jangan berharap dapat meminjam ke orang tersebut lagi.
  • Meminjamlah hanya saat benar2 terdesak, jangan sedikit2 minjam uang, itu akan menjadikan kita sebagai orang yang paling menyedihkan, dan menyebalkan.
  • Jangan lupa bilang terima kasih saat dipinjami, dan saat mengembalikan pinjaman, sebisa mungkin doakan orang yang kita pinjami, kalau mereka kaya, kan lain kali kalau kita butuh, gampang minjamnya. amin...
Ingat, teman yang paling "resek" adalah teman yang pas butuh deket2 sama kita untuk pinjem uang, tapi pas waktunya kita butuh, dia pura2 lupa kalau punya utang kekita. Maka jauhilah sifat tersebut.

No comments:

Post a Comment